Announcement‎ > ‎

Ujian Ulang Sertifikasi Matrikulasi Bahasa Akan Dikerjasamakan dengan Lembaga Luar dan Berbayar, alias Tidak Lagi Gratis

posted Oct 8, 2017, 2:15 AM by Language Center IAIN Manado
Mulai tahun 2018, Unit Pusat Bahasa tidak akan lagi melayani Ujian Ulang Sertifikasi Matrikulasi bahasa secara langsung. Unit Pusat Bahasa akan bekerjasama dengan lembaga independen lain untuk melakukan Ujian Ulang Sertifikasi bagi setiap mahasiswa yang tidak lulus dalam program Sertifikasi Bahasa yang dilaksanakan setiap tahun oleh Unit Pusat Bahasa IAIN Manado.

Mahasiswa yang tidak lulus dan harus mengikuti ujian sertifikasi ulang, mereka harus mengikuti ujian ulang melalui lembaga-lembaga luar yang telah memiliki kerjasama dengan Unit Pusat Bahasa IAIN Manado.

Konsekuensinya, layayan ujian ulang ini tidak lagi didapatkan secara cuma-cuma, alias gratis.

Hal ini dilakukan untuk memicuh mahasiswa lebih serius mengikuti Program Matrikulasi Bahasa yang didanai langsung dengan DIPA IAIN Manado.

Faktanya, banyak mahasiswa yang seharusnya aktif mengikuti kelas bahasa di Program Matrikulasi Bahasa, khususnya tahun 2017, malas hadir di kelas. Jelas, mahasiswa ini tidak akan lulus dalam program matrikulasi bahasa karena syarat kelulusan harus memenuhi angka kehadiran minimal 85 persen dari total 40 kali pertemuan di kelas.

Comments