Announcement

Find the latest update from the Language Center.

Layanan di UPB dan Ma'had Kembali Normal

posted Feb 14, 2018, 3:49 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated Feb 14, 2018, 3:52 AM ]

Alhamdullillah, mulai malam ini (14/2/2018), layanan dan kegiatan di UPB dan Ma'had Al-Jami'ah bisa kembali normal setelah mengalami kendala kelistrikan sejak hari Jum'at (9/2/2018 lalu.

Manjemen UPB dan Ma'had Al-Jami'ah mengucapkan terima kasih banyak kepada para pihak yang telah bekerja keras untuk menormalkan kembali sistem kelistrikan di Gedung UPB dan Ma'had Al-Jami'ah.

Semoga Allah SWT. memberikan imbalan amal yang berlipat ganda.

Tidak lupa pula kami mohon maaf kepada seluruh pihak yang tidak terlayani dengan baik selama ini, khususnya para mahasiswa.

Mohon Maaf, Layanan di UPB dan Ma'had sedang Terganggu

posted Feb 12, 2018, 4:43 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated Feb 12, 2018, 5:22 AM ]

Untuk diketahui bagi pihak yang berkepentingan, layanan kami di UPB dan Ma'had terganggu karena jaringan listrik di UPB dan Ma'had putus sejak hari Jumat (9/2/2018). 
Terputusnya  jaringan listrik membuat semua kegiatan administrasi Ma'had dan UPB lumpuh karena router Internet berada di gedung UPB. 
Yang terpenting, santri Ma'had di lantai 1 sambungan listriknya terputus sehingga asrama Ma'had Al-Jami'ah IAIN Manado di lantai 1 gelap. 
Semoga para santri tetap semangat dan baik-baik saja.
Setelah listrik tersambung dan normal kembali, kami akan sampaikan di laman ini. 
Mohon maaf apabila Anda tidak terlayani dengan baik. 
Terima kasih atas kerjasama dan pengertiannya.

Seleksi Program Visiting Student dan Foreign Language Instructor ke UIN Malang

posted Feb 2, 2018, 10:53 PM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated Feb 20, 2018, 8:39 PM ]

Tahun 2018, Unit Pusat Bahasa IAIN Manado mencanangkan Program Visiting Student dan Visiting Language Instructor ke UIN Malang selama dua hari.

Program ini dilaksanakan dalam kerangka Nota Kesepahaman yang ada antara Unit Pusat Bahasa IAIN Manado dengan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kegiatan ini akan dibiayai dengan dana DIPA IAIN Manado 2018.

Rencananya, Program ini akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018, insyallah, apabila tidak ada halangan.

Adapun jumlah peserta Visiting Student dan Instructor yang direncanakan, masing-masing empat (4) orang.

Guna memberikan kesempatan yang sama  kepada semua mahasiswa dan instruktur bahasa untuk mengikuti program ini, maka Unit Pusat Bahasa melakukan proses seleksi.

Bagi mahasiswa dan instruktur bahasa Inggris atau Arab yang berminat mengikuti program ini dipersilahkan mengirim langsung berkasnya ke email Unit Pusat Bahasa berikut: upb.iain-manado.ac.id dengan menyertakan Letter of Interest, Curriculum Vitae. Pelamar akan dihubungi kembali oleh UPB untuk  menjalani tes kemampuan bahasa Inggris atau Arab (apabila diperlukan).

Calon peserta yang belum pernah berkunjung ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang diprioritaskan.

Output hasil program yang diharapkan bahwa peserta yang telah mengikuti program ini dapat ikut berkontribusi secara aktif dan nyata dalam pengembangan Unit Pusat Bahasa IAIN Manado sekarang dan ke depan.

DEADLINE PENGIRIMAN BERKAS TANGGAL 10 MARET 2018

Dicari Voluntir Event Organizer Malam Wisuda Peserta Matrikulasi Bahasa 2017

posted Jan 14, 2018, 3:21 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado

Di akhir Program Matrikulasi Bahasa IAIN Manado 2017, UPB akan menyelenggarakan kegiatan Malam Wisuda bagi Perserta Matrikulasi Bahasa 2017 yang telah sukses mendapatkan Sertifikat Program Matrikulasi Bahasa 2017.

Untuk itu, bagi mahasiswa IAIN Manado yang berminat menjadi Organizer event ini, silahkan menghungi Unit Pusat Bahasa IAIN Manado.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Standar Kelulusan Ujian Sertifikasi Bahasa bagi Mahasiswa Tahun 2017

posted Jan 14, 2018, 2:45 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado

Di akhir Program Matrikulasi Bahasa Tahun 2017, mahasiswa akan diuji secara objektif untuk menjawab 50 soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan tulis dengan rincian sebagai berikut:

Total score Level

0 - 15 Beginner
16 - 24 Elementary
25 - 32 Pre-intermediate
33 - 39 Intermediate
40 - 45 Upper Intermediate
46 - 50 Advanced

Untuk lulus pada Program Sertifikasi, di samping tingkat kehadiran yang cukup (80 persen), mahasiswa peserta Matrikulasi diharuskan memperoleh nilai minimal level Pre-intermediate.

Stadar ini berlaku untuk bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Akhir Masa Pelaksanaan Kelas Matrikulasi Bahasa 2017 Diperpanjang dari 11 Pebruari 2018 Menjadi 6 Mei 2018

posted Jan 14, 2018, 2:26 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado   [ updated Jan 14, 2018, 5:39 AM ]

Masa pelaksanaan Program Matrikulasi Bahasa yang semula direncanakan berlangsung dari tanggal 23 September 2017 sampai 11 Pebruari 2018 (40 pertemuan) diperpanjang hingga 6 Mei (62 pertemuan) 2018.

Dengan perpanjangan masa belajar ini, UPB mengharapkan mahasiswa angkatan 2017 yang serius mengikuti program training bahasa Arab atau Inggris dapat belajar lebih banyak sehingga mereka mampu mencapai target mampu berbicara dalam bahasa Arab atau Inggris.

Perpanjangan ini merupakan implikasi langsung dari merger kelas yang dilakukan sejak 6 Januari 2018 lalu.

Rekrutment Penerjemah Abstrak Independent

posted Jan 6, 2018, 12:58 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado

Dalam rangka pelaksanaan kebijakan akademik IAIN Manado yang mewajibkan penerjemahan abstrak skripsi dan tesis ke dalam bahasa Arab dan Inggris, mulai tahun akademik 2018, maka dengan ini Unit Pusat Bahasa IAIN Manado perlu memiliki mitra kerja independen, baik person maupun lembaga.

Karena itu, UPB IAIN Manado mengundang person atau lembaga yang berminat untuk mengajukan pernyataan minat melalui email (langcenter@iain-manado.ac.id) atau akan lebih baik lagi langsung bertemu dengan pihak pengelola UPB di hari kerja. 

Rekrutmen Examiner Independent untuk Sertifikasi Matrikulasi Bahasa bagi Mahasiswa IAIN Manado

posted Jan 6, 2018, 12:48 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado

Dalam rangka pelaksanaan kebijakan Unit Pusat Bahasa IAIN Manado bahwa mulai tahun 2018 mekanisme sertifikasi Matrikulasi Bahasa bagi mahasiswa baru yang tidak Lulus Sertifikasi Matrikulasi Bahasa pada Program Training Intensif bahasa yang dilaksanakan setiap tahun bagi mahasiswa baru, UPB IAIN Manado perlu berkolaborasi dengan person atau lembaga tertentu.

Sebagai langkah awal proses pembentukan kolaborasi tersebut, UPB IAIN Manado mencari tenaga Examiner Independent untuk disertifikasi sebagai pelaksana tes Sertifikasi Matrikulasi Bahasa bagi mahasiswa baru yang tidak lulus dalam ujian sertifikasi setelah menjalani proses training yang dilaksanakan oleh UPB IAIN Manado.

Karena itu, kami mengundang bagi person atau individu yang berminat untuk menjadi Examiner Independent untuk mengajukan minat ke UPB via email (langcenter@iain-manado.ac.id) atau langsung ke kantor UPB IAIN Manado pada hari kerja. 

Training IT dan Speaking Assessment untuk Tutor Matrikulasi Bahasa 2017

posted Jan 6, 2018, 12:34 AM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado

Menjelang pengalihan sistem administrasi kegiatan Matrikulasi Bahasa 2017 dari metode manual ke metode online dan untuk meningkatkan kualitas tes penilaian kemampuan bercakap (Speaking Assessment) peserta, Unit Pusat Bahasa melaksanakan Training IT dan Speaking Assessment bagi seluruh Tutor Matrikulasi Bahasa 2017.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2017, dari pukul 17.00 hingga pukul 20.00.

Tutor dilatih untuk menggunakan ONLINE OFFICE UPB dan untuk melaksanakan Speaking Assessment bagi peserta Program Matrikulasi secara efektif dan profesional.

Merger Kelas Matrikulasi bagi Mahasiswa Non-Bidikmisi Mulai Tanggal 6 Januari 2017

posted Jan 4, 2018, 7:38 PM by Unit Pusat Bahasa IAIN Manado

Setelah melakukan rekapitulasi absensi kelas Matrikulasi Bahasa 2017, pihak pelaksanan menemukan banyak kelas yang tingkat partisipasi pesertanya rendah. 

Hal ini berdampak secara finansial terhadap pelaksanaan program karena asumsinya setiap kelas memiliki tingkat partisipasi cukup sehingga rasional untuk mengangkat tutor untuk setiap kelas.

Karena itu, merger kelas dilakukan untuk melakukan efisiensi dana. Dengan merger kelas, maka masa belajar mahasiswa yang serius berpartisipasi dapat diperpenjang karena jumlah kelas dan tutor diperkecil.

Sementara itu, kelas bahasa Mahasiswa Bidikmisi tidak mengalami perubahan.

Rincian perubahan jadwal dan tutor pada kelas non-Bidikmisi adalah sebagai berikut:

Sesi I (08.00-9.30 WITA)

- English 2, 3, dan 4 digabung menjadi satu kelas. Tutor kelas adalah Ms. Firly F. Simbala.

Sesi II (10.00-11.30 WITA)

- English 5, 6, 7 digabung menjadi satu kelas. Tutor kelas adalah Sir Busran.
- English 9, 10 digabung menjadi satu kelas. Tutor kelas adalah Ms. Salsa P. Chaniago.

Sesi III (13.30-15.00)

- English 11, 12, 16 digabung menjadi satu kelas. Tutor kelas adalah Ms. Firly F. Simbala.
- English 13, 18 digabung menjadi satu kelas. Tutor kelas adalah Ms. Salsa P. Chaniago.

1-10 of 89